Ingin Tulisanmu Viral? Inilah 5 Rahasia yang Harus Kamu Ketahui

Ingin Tulisanmu Viral? Inilah 5 Rahasia yang Harus Kamu Ketahui

Akhir-akhir ini, “viral” menjadi kata yang sering kita dengar, mulai dari video viral, foto viral, artikel hingga fenomena yang viral. Sudah banyak orang yang menggunakan kara viral dalam sehari-hari. Tapi, apakah kita sudah tahu benar apa yang dimaksud dengan viral? 


Memahami Apa Itu Viral

Kata “viral” berarti suatu penyebaran suatu informasi secara cepat di dunia maya melalui media sosial sehingga membuat informasi tersebut menjadi populer dan perbincangan masyarakat secara luas. Ingin jadi penulis? tidaklah sulit, lakukan 5 hal ini informasi yang sering mengalami viral adalah video, foto, berita dan masih banyak lagi lainnya. 

Seseorang yang bersangkutan dengan informasi viral tersebut biasanya akan naik daun secara tiba-tiba. Mereka akan sering muncul di media sosial atau bahkan televisi sebagai salah satu dampak dari viralnya video, foto atau artikelnya. Kamu bisa memanfaatkan tulisanmu untuk bisa menjadi viral. 

Banyak orang yang ingin menjadi viral karena mereka ingin populer. Salah satu manfaat ketika kita viral adalah dikenal oleh banyak orang, mendapatkan berbagai tawaran di televisi, mendapatkan tawaran endorsement dan lain sebagainya. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk membuat tulisan jadi viral?

1. Viral bukan berarti terbaru
Jika kita amati, beberapa artikel yang viral bukan berasal dari berita atau informasi terbaru. Justru, banyak informasi silam yang diangkat kembali dengan sedemikian rupa tulisan hingga menjadi menarik untuk dibahas. Kamu bisa mencari berbagai fenomena, berita atau informasi terdahulu yang luput dari perhatian. Pada zaman dulu, mungkin fenomena tersebut biasa dan wajar terjadi, tapi kaitkan dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini sehingga kamu akan mendapatkan informasi yang menarik untuk diangkat. Tapi, bukan perkara mudah untuk bisa menemukan fenomena terdahulu. Pilihlah fenomena yang belum diketahui oleh banyak orang dan belum sempat diberitakan secara viral pada zamannya.

2. Banyak kejadian yang bisa menjadi viral
Fenomena yang viral sebenarnya fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan banyak pula orang yang mengalaminya. Jika kamu sedang mencari berita atau materi untuk ditulis, tidak perlu mencari sesuatu yang benar-benar berbeda atau unik karena sebenarnya berita sederhana jika itu menarik, maka tulisanmu bisa menjadi viral. Kamu harus lebih peka, fenomena seperti apa yang disukai dan diinginkan oleh para pengguna media sosial. Selain itu, fenomena viral akan lebih terasa sensasinya jika tidak berkaitan dengan selebritis atau orang terkenal saja. Orang biasa juga bisa kamu angkat menjadi berita viral jika memang fenomenanya menarik perhatian banyak orang.

3. Viral bukan berarti menipu dengan judul
Kamu pasti salah satu korban judul yang tidak singkron dengan isi artikel. Beberapa orang berlaku curang untuk bisa membuat artikelnya viral, yaitu dengan membuat judul yang boombastis, tapi isi artikel tidaklah sesuai dengan judul yang diberikan. Jadi, banyak pembaca yang merasa tertipu setelah membaca artikel. Jika kamu ingin membuat artikel viral, jangan lakukan hal ini karena kredibilitasmu sebagai penulis akan dipertaruhkan. 

4. Viral harus tetap menjaga kualitas artikel
Untuk menjadi viral, bukan berarti harus mengorbankan kualitas artikel. Pembaca pastinya menginginkan tulisan yang informatif dan sesuai dengan judul sehingga mereka tidak akan merasa tertipu. Kamu harus tetap menjaga kualitas artikel, seperti tehindar dari typo, didapat dari sumber terpercaya, mengunakan kaidah penulisan yang baik dan benar. Kualitas artikel inilah yang akan membawa kamu menjadi penulis handal. 

5. Tidak perlu usaha lebih untuk viral
Artikel yang memiliki berita menarik, biasanya akan tersebar begitu saja, meskipun kita tidak berusaha untuk membagikannya pada masyarakat luas. Namun, bukan berarti kamu harus berdiam diri begitu saja. Kamu masih bisa melakukan promosi tulisan dengan membagikannya di media sosial pribadi. Jika tulisanmu menarik dan unik, para pembaca akan membagikan tulisanmu hingga akhirnya menjadi viral.

Demikian informasi mengenai artikel viral. 


Komentar