Ingin Jadi Penulis? Tidaklah Sulit, Lakukan 5 Hal Ini

Ingin Jadi Penulis? Tidaklah Sulit, Lakukan 5 Hal Ini

Setiap orang memiliki mimpi yang berbeda-beda. Suatu mimpi biasanya bermula dari kegiatan yang disukai atau hobi. Sebagian besar orang yang hobi menulis, mereka biasanya ingin menjadi seorang penulis. Bukan perkara mudah, pastikan 5 hal ini ada pada jasa penulis pilihanmu, usaha lebih harus kamu kerahkan untuk mewujudkan mimpi tersebut. 5 hal ini bisa menjadi awal bagi kamu yang ingin menjadi penulis profesional.


1. Awali Karirmu dengan kebiasaanmu
Memulai memang lebih sulit daripada menjaga yang sudah ada. Butuh motivasi yang kuat untuk memulai diri melakukan sesuatu, terlebih jika itu untuk memulai kebiasaan. Apabila kamu sudah berniat untuk menjadi penulis, kamu harus mengawalinya dari kebiasaan. Cobalah lihat, seorang penulis handal pasti memiliki kebiasaan yang berbeda dengan orang biasa. Seorang penulis yang handal pastinya memiliki wawasan yang luas karena sebelum mereka menulis, mereka akan membaca terlebih dahulu. Oleh karena itu, jadikanlah membaca dan menulis menjadi kebiasaan kamu.

2. Tantang dirimu dengan mengikuti kompetisi
Sekarang ini, banyak kompetisi menulis yang bisa kamu jumpai, baik secara offline maupun online. Bukan hanya kompetisi berbayar, banyak pula kompetisi jasa buat artikel yang bisa kamu ikuti secara gratis. Jadi, kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk mengikuti kompetisi tersebut. Berbagai jenis tulisan dilombakan untuk mencari pemenang yang terbaik. Beberapa jenis tulisan antara lain esai, cerpen, puisi, cerbung, novel hingga komik. Kamu bisa memilih tulisan mana yang sesuai dengan minatmu. Jadikan setiap kompetisi sebagai tantangan untuk meningkatkan keterampilan menulis mu. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba setiap kompetisi yang dilombakan. Siapa tahu kamu akan menjadi pemenangnya. Jika pun tidak, kamu masih mendapatkan manfaat dari kompetisi ini, yaitu meningkatkan keterampilan menulis.

3. Jangan takut untuk mengirimkan karyamu pada redaksi profesional
Dahulu, sangat sulit untuk menembus dunia redaksi, terlebih bagi redaksi yang sudah besar. Berbeda dengan zaman sekarang yang semuanya sudah sangat mudah. Kamu tidak perlu lagi datang langsung ke kantor redaksi karena sudah ada teknologi internet berupa email yang bisa kamu manfaatkan untuk mengirimkan berkas. Setiap redaksi memiliki ketentuan yang berbeda dalam menerima tulisan. Jadi, kamu harus memperhatikan setiap ketentuan yang diberikan. Kamu harus sabar dalam melakukan hal ini karena terkadang, redaksi membutuhkan waktu yang lama, sekitar 3 bulan untuk memberikan keputusan. Bahkan, beberapa di antaranya tidak akan memberikan kabar jika tulisan tidak memenuhi kriteria.

4. Coba saja jadi penulis artikel lepas
Pasti menyenangkan jika hobi bisa mendatangkan uang. Semakin hari, semakin banyak yang membutuhkan jasa penulis. Para pelaku bisnis online biasanya membutuhkan artikel untuk mengisi toko online, blog ataupun website yang dimiliki. Peluang inilah yang bisa kamu ambil untuk menyalurkan hobi hingga menjadi pendapatan tambahan. Sudah banyak lowongan pekerjaan menjadi penulis artikel yang bisa kamu coba. Biasanya, mereka akan menawarkan lowongan ini secara online sehingga kamu bisa mencari informasinya dengan lebih mudah.

5. Gabung dengan komunitas penulis yang menarik
Orang yang berteman dengan penjual parfum, pasti ia akan ketularan harumnya. Begitu juga ketika seseorang yang berteman dengan pembuat besi, ia juga akan terkena bau besi. Hal inilah yang mendasari kita mengapa penting untuk memilih teman. Bukannya pilih-pilih, tapi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Apabila kamu ingin jadi penulis, maka bergaullah dengan para penulis atau mereka yang memiliki hobi menulis. Banyak komunitas para penulis pemula, bahkan profesional yang bisa kamu ikuti. Dari sini, kamu akan mendapatkan banyak informasi dan manfaat terhadap keterampilan menulis kamu. 

Mimpi menjadi penulis bukan lagi suatu isapan jempol. Banyak jalan yang bisa kamu lalui untuk menjadi penulis. Mulailah dari yang paling sederhana hingga akhirnya bisa menjadi penulis sesuai dengan impian. Ingatlah, hasil tidak akan pernah mendustai usaha yang telah kamu lakukan. 

Komentar